Smart Living Space

HOME AUTOMATION

Di zaman era globalisasi ini banyak sekali
teknologi baru bermunculan, orang – orang saling membantu untuk membangun peradaban teknologi yang semakin maju setiap tahunnya. Teknologi pada umat manusia diharapkan dapat memudahkan proses pekerjaan keseharian dan menghemat waktu untuk mengerjakannya. Pada rumah misalnya, sekarang ini sudah banyak sekali perumahan atau gedung perkantoran yang sudah menggunakan teknologi otomasi seperti menyalakan lampu otomatis, memantau perangkat rumah dari jarak jauh, hingga menganalisis penggunaan konsumsi daya setiap perangkat kemudian diolah datanya untuk menjadikan sebagai alat pemantau yang dapat dipantau dimanapun dan kapanpun.

Masalah utama dari pemilik rumah untuk memasang sistem smart house adalah beban arus listrik yang semakin bertambah, padahal dapat diarahkan menjadi sebuah sistem yang dapat memantau konsumsi daya listrik yang digunakan dengan rinci. Selain itu perangkat yang pada umumnya dijalankan terus menerus tanpa kegunaan semestinya dapat dikendalikan secara otomatis agar lebih efektif dan efisien.

Bahkan, ketika terjadi masalah pada perangkat seperti indikasi kebakaran dari kabel listrik yang sudah mulai rusak dapat dipantau dan dideteksi dengan alat sensor yang akan dirancang pada panelitian ini menjadi sebuah sistem keamanan pada smart house.